March 15, 2011

Perkembangan Zaman Man

Sebelom lo baca cerita ini, coba deh lo inget-inget seberapa berubahnya hidup lo sekarang? Maksudnya perubahan yang terjadi di kehidupan lo sebagian besar dipengaruhi oleh zaman yang berlaku. Contoh kasus :

"Wah Parjo kan ini?"
"Iya, siapa ya?"
"Gua Karsem, mantan lo pas sama2 di TKI dulu. Gila! Udah gondrong aja lo! Masa gak inget sih?"
"Mana sih? Yang mana?"
"Lo sebenernya gak inget apa gak bisa liat sih?"
Karsem pun pergi.

Sebenernya dialog mereka gak perlu berakhir, sebenernya semuanya bisa berlanjut panjang kalau poni rambut Parjo gak nutupin sebagian mukanya sampe dia gak bisa liat objek yang diajak ngomong. Perkembangan jaman membuat Parjo memanjangkan rambutnya trus pake poni panjang sampe kayak gorden. Entah atas alasan apa harus gondrong gorden begitu, tapi yang jelas menurut dirinya udah keren banget.

Zaman di kehidupan ini selalu berkembang. Dari zamannya Trex yang kuku kakinya bisa nuncep ke pelepah pisang gak bakal lepas sampai di mana gelang Power Balance jadi trend penyeimbang badan. Semuanya berkembang, itu juga yang terjadi pada zaman ini. Emang ada apa dengan zaman ini? Apa di zaman ini Jakarta di serang oleh monster berbentuk kue Klepon dan Cucur kemudian berniat menguasai kota? Apa zaman ini dibuat Sanggar khusus tawuran, yang mana membina bagaimana cara tawuran yang baik dan sopan? Jawabannya adalah : HAMPIR MENDEKATI!

Ok, jadi gini contohnya. Ada anak kecil yang nangis ngeraung-raung, gak tau kenapa dan ibunya pergi arisan trus cuma bapaknya yang ngurus. Apa yang bisa menghentikan jeritan tangisannya? Jawabannya : Kasih Handphone dan nanti dia kutak kutik sampe dia tiarap ke tanah. Kalo mereka nangis ngeraung-ngeraung kasih nonton Upin Ipin dari handphone dan abis itu handphonenya di emut trus di banting. Pergerakan yang sangat keren. Hidup anak kecil!

Zaman sekarang, sesuatu udah gak akan masuk akal. Kita dulu kalo hari Minggu nontonnya kartun dari pagi sampe siang, sekarang apa tayangan buat anak kecil dan adik kita? Yes! FTV lah jadi santapan mereka. "Office Girl Kecintaan Ku" itulah yang membuat pacaran di umur 7 tahun udah pacaran, 13 tahun makin pendekatan ke orang tua, 17 tahun udah nikah karena gak nahan nafsu. Sungguh terlalu. Mungkin dialog ini bisa menggambarkan betapa complicatednya zaman ini :

"Hai kum! itu adek gua yang paling kecil umur 5 tahun"
"Wah adek lo nangis tuh jo"
"Iya biasa nih kalo laper dan gak ada ibu gua, dia nangis kum" jelas Parjo kepada Markum
"Lah gak lo ajak main aja gitu, main cilukba atau lo gendong-gendong gitu jo"
"Biasanya sih dia minta aku puterin lagu yang biasa diputer di tipi kum"
"Lagu apaan?"
"Lagu nya The Virgin yang Cinta Terlarang"
"Hahh??!!" Markum heran
"Iya kum, malahan dia hapal loh liriknya"
"??????!!!!"

Apa jadinya anak umur 5 tahun nyanyi lagu Cinta Terlarang sambil berduaan sama temennya trus muter-muter menirukan gaya yang ada di video clipnya? di mana yang lain masih sibuk sama ayunan dan prosotannya tapi mereka malah berdua muter-muter kayak gangsing. Bisa patah nih generasi awal nya Indonesia. Cuma 1 pahlawan Indonesia di bidang lagu anak sekarang ini yaitu UMAY. Cuma dia doang yang masih pede dan mau tergerak nyanyi lagu bocah.

1 comment:

uphiishufi said...

cinta patah hati belom nih ki? :))