October 1, 2010

Istilah Mereka

Orang tua pasti selalu ngobrol sama anaknya, kalo orang tua gak ngobrol berarti diem dan anaknya juga diem. Kalo mereka ngobrol, pasti gak diem (YAIALAH!). Oke, pernah gak lo coba buat menganalisa beberapa omongan orang tua lo. Jangan yang ribet-ribet, soalnya pasti lo gak inget juga. Contoh :

"Pa, aku tadi dikeroyok sama si Purkon dan geng nya!" Kojai ngelapor ke bapaknya

"Kenapa kamu gak hajar aja? Waktu papa muda, kalo papa dikeroyok. Papa ambil benda di deket situ trus geprak kepalanya" bapaknya semangat jelasin

"Pengennya sih pa"

"Kenapa gak di geprak aja palanya mereka? Emang di sekitar situ ada benda apa?" Bapaknya nanya

"Gelas aqua pa"

Perumpamaan tersebut mencerminkan kalo masa muda bokap lo dulu belom tentu turun ke lo juga, masa muda nyokap lo yang demen main sepatu roda sambil kunyah permen karet belom tentu turun ke jaman lo sekarang. Sama halnya dengan istilah yang mereka pakai. Istilah mereka jaman dulu belom tentu sama dengan istilah kita jaman sekarang.

Seperti itu juga yang terjadi di kedua orang tua gua. Nyokap gua biasanya kalo minta dianterin pake payung ke gereja, beliau bilang

"Itu payungnya di matiin dulu"

"Hah? Matiin?!"

"Iya itu dimatiin dulu!"

"Matiin apanya sih ma?" Gua merasa gak bawa senter atau nenteng TV ke gereja

"Begini loh!" Nyokap gua mempraktekan apa yang dimaksud dengan 'matiin' payung. Akhirnya gua ketahui istilah itu sama dengan MENUTUP PAYUNG.

Emang ngebingungin tapi itulah istilah mereka dan sampai sekarang masih ada beberapa istilah yang belum terungkap apa maksudnya.

Jaman sekarang, orang tua kita dituntut untuk mengenal teknologi dan alhasil nyokap gua punya Facebook sekarang. Buat yang mau kenalan dan bercengkrama bisa langsung klik FACEBOOK nya aja

Nyokap gua sekarang udah anteng dan ngerti kalo depan komputer, dulu pas pertama kali punya Facebook tiap hari kerjaannya online trus. Sampe kalo gua buat tugas tengah malem, komputer gua tinggal kencing bentar, tiba-tiba udah diboikot nyokap gua yang mau liat facebook dengan dalih,

"Mama mo ngecek udah ada yang kirim add mama apa belom"

Gua cuma diem dan mikir "apa pula tuh kirim add?"

Berikut gua kasih beberapa istilah yang biasa digunakan oleh orang tua dan mungkin bisa membantu kalian mengerti istilah orang tua kalian.

Kirim Add = Di add

Merah - merah = Notification

Rekam = Save

Dibagi = Di tag

Ponten = Nilai

Lempeng = Lurus

Diturunin = Scroll Down

Dikeatasin = Scroll Up

Buka di sebelahnya = Open New Tab

Cancel = Ignore

Jempol - jempol = like

Baru segitu istilah yang bisa gua temukan. Pesen gua sih, kalo orang tua lo mau kenal lebih lanjut akan teknologi, bimbing mereka soalnya dengan kehadiran teknologi maka mereka akan lebih senang ketemu temen lama, menghibur diri mereka sendiri dan melupakan menyuruh lo ke warung atau kayak gua, udah gak ada kalimat

"Kia sirem kembang mama dulu baru pergi"

Asik kan? Tapi sebagai gantinya,

"Kia pulang cepetan, facebook mama nge hang nih gak bisa kirim wall”

3 comments:

Anonymous said...

SAMAAAAA bangeeeet, Kia! Hahahahaa
nyokap gue jadi sering reunian gara2 ketemu temen lama d fb nih! Wkwkwk
terus suka ngomong "add" juga, maksud.a sama kaya nyokap lu gitu :D

Anonymous said...

Eiya, gue Winny

hesty arnize said...

behhh bener abis tuh,,, sejak kenal pesbuk emak gw jadi nyebelin, suka nelpon2 gw, kirain nanyain kabar taunya ya itu tuh, pesbuknya error... hahay