July 22, 2009

Plastic but FANTASTIC!!

Dulu pas baru masuk semester 2, gua ngiri banget ma temen-temen gua yang pada beli kamera DSLR [Digital Single Lens Reflection] kayak cannon ato nikon, dan menurut info dari beberapa anak kampus kalo anak DKV musti punya kamera yang depannya bisa diputer-puter kayak tutup botol sirop trus kalo abis jepret langsung liat layarnya kayak maen gembot. Setelah mendengar issue yang bodo amat mo bener apa gak, gua langsung minta ma nyokap bokap dan kabar baiknya mereka ngebolehin gua buat beli, sepintas mereka berdua layaknya raja minyak dan ratu elizabeth yang punya banyak duit ampe bisa beli setengah samudra Atlantik buat bikin hotel bawah laut. Boro-boro bikin hotel trus ngarep kamera DSLR, buat bayar kuliah sama makan aja udah alhamdulileh bin jalil!!

Gua mulai mikir,
"orang tua gua yang lagi makan ntuh ngerti kagak iak kalo ntuh barang harganya bisa beli somay a
mpe timbun kamarnya ade gua"
tapi gua rasa mereka tau kok tapi tiba tiba pertanyaan ini terlontar dari bokap gua,
"500 ribu cukup kan iah??"

TEEEEEETTTTTTTTTTTT!!!!!!!!!! 500ribu mah cuman buat kerdus sama doa dari abangnya kali.
"YAH KALI PA!! ntuh mah harganya bisa ampe 5-10 jutaan gitu tergantung merek sama spesifikasi kameranya juga, 500 ribu mah dapet lensanya juga alhamdulilah"
,
bokap gua bilang,
"kalo ampe sgitu papa gak bakalan bisa deh, belom mampu papa menuhin kebutuhan
kamu ini. Kan monic mo masuk kuliah, jadi dananya di save buat dia dulu"
yaudah deh gua cuman bisa pasrah doang, padahal kan ntuh buat kuliah gua juga tapi berhubung ade gua mo masuk kuliah juga jadi gua relakan duit ntuh buat dia. Gak sampe 3 menit gua ngomong tadi tiba tiba ade gua yang lagi nonton tipi bilang,
"pah, aku mo beli ini iah!! boleh gak?! itung itung papa blom kasih aku kado ulang tahun kmaren"

sambil tangannya nunjuk tipi yang lagi nyiarin berita tentang DSLR di acaranya Darwis Triadi, bokap gua dengan santainya berucap,
"yaudah nanti papa usahain deh buat beliin kamera itu buat kamu, tapi janji rajin belajar iah!!"
ade gua nyaut dengan santai, "BERES PAH!!" mendengar percakapan dua makhluk hidup berhidung satu dan bermata dua ntuh buat darah gua naek ampe mo keluar di mata, tadinya gua mo langsung hajar ntuh tipi make toples permen cuman tipi gua cuman ada satu-satunya. Hal yang bisa gua lakuin cuman bilang, "LOH KOK?! KAN AKU UDAH BI..BI..BI.." gagap jadinya kayak dimasukin kunci inggris di kerongkongan gua. Mo marah tapi gak bisa, mo geplak pala ade gua cuman gak bisa gerak jadinya yaudah deh pasrahin aja dah.


Siang hari ntuh gua mulai beres-beresin kamar, trus bokap gua dateng ke kamar bawain kamera waktu doi masih muda dulu, masih suka nongkrong di melawai sama musro [gak penting!!] nah ntuh kamera diwariskan ke gua dah, SUMPAH!! ini kamera jaman jebot banget!! flasnya masih eksternal bisa dicopot-copt gitu dah, GAK JELAS!! mana tutup belakangnya DOL trus yang lebih malesnya ntuh masih make roll film!! WUADOH!! MALAS BENAR!! tapi bokap gua bilang, "ini kamera bagus nak, hasil fotonya itu kayak foto papa yang ada di ruang tamu" CIAELAH!! bagus bener dah, bagus banget kalo dibuang!! mana bahannya plastic jadi rentan buat pecah ato retak. Hasil fotonya kayak apaan iak?! penasaran juga aku dibuatnya [logat batak] makanya gua ke ruang tamu trus menemukan sebuah foto jadul dengan warna agak sephia gitu trus ada bokap gua di dalemnya, "ooo jadi ini hasil fotonya?! kayak white shoes gitu dah warnanya, KEREN JUGA!!"



Contoh Hasil Fujica M1
[sumber : Four Corners Dark, Dimas Ario]

Setalah dikasih ntuh kamera, gua makin penasaran dan gua googling aja trus gua tulis mereknya Fujica M1 dan yang kluar malah situs-situs gak jelas trus ada pula yang kluar Primus di iklan M150, makin gak bener dah nanti yang ada naluri homo gua keluar dah makanya gua memutuskan buat cari di situs ternama yaitu KASKUS, pas udah di enter ternyata banyak juga yang ngomongin kamera ini trus gua liat juga hasil-hasil fotonya mreka trus ada juga forum nya gitu yang namanya KLASTIC! yang kependekan dari Kaskus Plastic and Toy Camera Community. Tadinya gua ikutan kaskus cuman buat nyari baju ato beli apa-apaan di FJB tapi ternyata di sini ada forum yang masih memanfaatkan barang jadul dan masih laku buat dijual-jualin. "ASLI KEREN BANGET!!" NGANGA MAMPUS GUA!! bukan cuman lomo aja yang ikutan di sini, kamera polaroid juga ada yang make di sini.

Logonya KLASTIC
[maap iah nad, gua minjem buat ditaro di blog gua, damai nad! :)]

Mengetahui ternyata kamera ini spesial adanya, gua makin menjadi jadi dah. Bukan gua jual ntuh kamera buat beli sex toy tapi gua langsung bukan FJB Kaskus buat nyari yang jual roll pelem, masih newbienya gua waktu ntuh dan gak tau nih kamera pake film model apan, model sasak ato bonding, ukuran 34B ato 36B [malah ke BH] nah dari situ gua coba buat nge add MSN si pembuka lapak di FJB, dan dengan baik hati dia nerangin gua, dari apa yang gua gak tau dan smuanya yang ganjel pala gua dah pokoknya, dengan rendah hatinya dia ngasih tau apa ntuh film 35mm trus bedanya sama film 120mm apan, redscale, sampe smuanya dah!! KEREN BANGET!! pengen gua sembah-sembah dah dia. Alhasil setelah konsultasi yang begitu panjang, gua borong 12 roll yang dia jual, udah kayak ngeborong chiki dah.




Contoh Film 35mm yang gua pake buat kamera gua

Kebeneran banget pas gua lagi buka forum KLASTIC di kaskus, mereka lagi mo hunt akbar di monas gitu. WIDIW!! tanpa tedeng aling aling, langsung gua ikutan. Ngumpul jam 9 di MCD Sarinah Thamrin, dari rumah jam 7 pagi dan berbekal duit yang cuman bisa buat ongkos sama negek aer aqua gelas 2 biji. Tekad tetep bulet kayak badan pretty asmara buat ikutan hunt ini, rasanya deg deg-an ketemu orang-orang baru yang bukan seumuran dan bukan sekalangan lagi tapi udah campur smua dan mau gak mau musti adaptasi. Dari malem udah beresin amunisi yang begitu banyak buat dibawa, dan berdoa "Tuhan semoga besok aku motonya bagus iah!! dan gak bikin malu soalnya ini kan pertama kali ikutan yang beginian" keburu Tuhan nanya, "BEGINIAN?!" langsung gua klarifikasi, "maksudnya ikutan komunitas dan ngebawa diri sendiri buat bergaul di luar, berkati supaya roll film yang aku beli gak kebakar iah Tuhan. AMIN"

Paginya gua udah MMC alias Mendek Mendek Cabut dari rumah pas nyokap sama bokap lagi saling silih berganti ngorok kayak orchestra tapi musiknya ngorok, cabut ke blok M nungguin Emil, temen SMA gua yang ternyata ikutan hunt ini juga tapi dia make HOLGA 120CFN warna merah. KICEP!! ntuh yang gua cerminkan dari muka gua pas dia kluarin ntuh kameranya, kayak dia bawa 5juta tapi gua bawa gopean yang belakangnya orang utan, CONTRAST!! tapi "CUEK LAH!!" gua bilang dalem hati padahal ngiris juga dah.

Sampe di MCD Sarinah Thamrin semuanya berubah setelah gua liat banyak juga yang pake Fujica M1 kayak gua dan malah kameranya lebih aneh aneh lagi, SS ntuh type adaptasi yang gua lakuin alias Sit and Silent padahal yang laen pada kenalan trus ada yang diskusi sama kameranya. WUAHH!! dah kayak pasar dah!! ada suara ibu-ibu pada jualan, musik dangdut, suara klakson motor ampe [LEBAY!!] pas udah absen gitu baru smuanya beranjak ke Monas dengan BERJALAN KAKI AJA DULU!! asli ntuh adalah hal tersukses buat ngegedein betis dan pangkal paha gua dan berubah jadi tales bogor, gak ketinggalan sama yang laen, gua mulai jeprat jepret dengan sotoy dan sok tau gitu. Padahal mah gak tau apaan yang gua poto dan gak merhatiin ASA sama cahaya matahari kayak yang lagi didiskusiin sama orang-orang yang di sebelah gua.

20 kali gua jepret hal-hal yang gua anggep bagus dan patut dipoto, ntuh roll fim dah abis dan gua musti gulung balik alias rewind. Pas gua gulung balik kayak kamera Lomo yang sering gua coba-coba pake, dan pas gua gulung tiba-tiba mandek. Gua mikir, "oh mungkin ada yang nyelip nih" positif thinking aja dah, pas gua coba lagi masih mandek dan gua masih mikir, "ah ini ada yang salah nih, PASTI!!" masih keep positive thinking dan untuk terakhir kalinya gua gulung dan MASIH MANDEK!! "OH GOD!! WHAT HEPEN DAH?!" kalo gak rame udah gua timpuk ke kaca MCD nih kamera. Keajaiban pun muncul setelah gua kesel sama nih kamera dan gua gulung sekuat tenaga dan tiba-tiba loncer aja ntuh gulungan alias ngedol, trus pas gua buka belakangnya dengan niat ngambil roll film yang berisi dengan poto-poto Sarinah Thamrin tapi malah yang gua dapet..."OHH NOOOO!!! ANJING!! DASAR TAPIR NGANGKANG!!" film gua putus alias dari gulungan kanan sama yang kiri PUTUS di tengah jalan, apakah ini pertanda gua sama cewe gua bakalan putus [gak nyambung nyet!!] dan alhasil film ntuh kebakar smua!! ANJRITH!!

Ternyata dan ternyata roll gua ntuh belom nyangkut bener di dalem kamera ntuh dan gua salah masukin rollnya dan ada anak KLASTIC yang liat gua dikira bonsai hias yang nyangsang di perempatan Sarinah Thamrin gak taunya pas dideketin ternyata orang dan dia ngebantuin gua dan jelasin cara make yang benernya gimana, Thanks bung Harya Nartama . 1 kata untuknya KEWREN!!! dan 1 kata buat gua, TOLOL!!



Penolong dan Penyelamat, Bro Harya Nartama
[sorry gak minta ijin ngambil foto lo om!! damai dah! :)]

Semua berjalan dengan lancar setelah dibetulin dan diterangin cara-caranya oleh orang yang lebih mengerti, dan hunt di Monas dan sekitarnya SERU MAMPUS!! ketemu dan kenalan sama orang laen dan membiasakan bertanya daripada SOTOY!! dan berikut adalah beberapa foto hasil hunt di Monas [bukan gua yang moto, kasian dah]




Senjatanya anak-anak KLASTIC!
[ASLI!! KEREN KEREN BANGET DAH!!]




KLASTIC!
[ngambil dari Fajri Andari, KEREN DAH!!]

Ternyata hunt ntuh masuk majalah cuy, narsis dikit dah!! hahahahahaha!! HAHAHAHAHAHAHA!! [apaan sih?!] majalah SISTER tapi gua gak tau terbitnya kapan dan nomor berapa pokoknya kalo ada KLASTIC! nya pasti keren dah!!



KLASTIC masuk Magazine
[dari forum KLASTIC di kaskus, KEREN GAN!! :beer:]


Dan ini baru beberapa hasil jepretan gua, maaf kalo gak bagus soalnya masih belajar make kamera disconya bokap.



Fujica M1 with Lucky 35mm Black and White


No comments: