July 29, 2009

Indonesian Music Is..

Musik-musik jaman skarang makin ngebingungin, ada yang gabung-gabung alat buat aransemen musiknya makin canggih. Ada yang make Synthesizer biar terkesan asoy dan buat orang goyangin badan ikutin lagunya mereka, sampe pake Gameboy. Sampe hari ini banyak muncul aliran-aliran musik baru kayak Power Pop dan ada juga Chiptune. Kita ambil sample aja, Peewee Gaskins, Band yang isinya anak muda yang diklaim oleh orang-orang kalo mereka ntuh ganteng dan keren. Mereka juga bawa trend fashion yang udah bikin mata pegel kalo lo smua lagi ada di mal ato di mana deh. Secara musik sih mereka emang berkualitas tapi udah pengen banget jadi artis alias ngartis banget [istilah apa ini?!] sombong banget apalagi pokalisnya yang ganteng ntuh dan buat cewe-cewe tergila-gila. Kata nyokap gua, "coba kamu kayak mereka ntuh ganteng-ganteng, mang kayak kamu DEKIL!! mreka ntuh imut dan jago bahasa inggris, mang kamu GABLEG!! jago bahasa Parung doang!!" nyokap gua aja udah kesihir sama mreka dan malah ngata-ngatain anaknya trus lupa kalo punya gua. Kalo dibandingin sama band-band sealiran dia, MASIH BANYAK YANG LEBIH MANTAFF!!



Peewee Gaskins, SOMBONG MAMPUS ORANGNYA!!
[ini beneran, kesimpulan dari kesaksian mereka yang kenal sama peewee gaskins]
Musik Indonesia emang udah dikenal di seluruh dunia dan udah dapet predikat jempolan dari berbagai media internasional, ibarat di facebook mah Like This. Dunia musik Indonesia juga salah satu dunia yang paling rame buat perputaran fulus alias duit, lebih rame dan lebih dikenal dari bursa transfer bolanya Indonesia. Coba tanya orang,
"Tau gak yang namanya Ismed Sofyan gak??"
pasti cuman beberapa diantara mereka yang tau atau karena mereka sering nonton liga Indonesia di tipi tapi coba kalo tanya,
"tau Ariel Peterpan gak??"

100% orang langsung teriak
"TAUUUU!!!"
.




Padahal Gak Jauh Beda Gantengnya Tapi Famous Gila Yang Kanan
[padahal yang kiri jadi pahlawan di lapangan]

Gak tau kenapa fenomena dunia musik Indonesia ntuh begitu hebring ampe anak umur 4 tahun, Raja Cilik [OH MY GOD!! gua ngebayangin ada bocah-bocah gitu yang didanin kayak Radja trus gayanya gitu, OH SHIT!! dan ternyata apa yang gua takutin ntuh bener adanya, SARAP!!], yang kagak ngerti apa-apaan. Maen gitar aja kagak ngerti mencet apaan yang penting keren lah!! ASAL GEBOY BAE!! ELEUH!! masih balita udah disuruh nge band ama emak bapaknya buat nyari duit bantuin nopang perekonomian keluarga. Baru netes aja udah disuruh kayak gitu, gedenya mending bukain aja usaha combro ato jual beli dot import.

Waktu gua naik metromini 610 jurusan Pondok Labu-Blok M, ada anak kecil yang masih umur 6-7 taunan sama ibunya naik trus duduk di depan tempat duduk gua. Gak ada yang ganjil dari keluarga yang sangat harmonis ini, sang ibu menemani anaknya dan begitu juga anaknya yang nemenin ibunya dan mereka saling temenan deh!! YEEE!! senangnya!! [APA SIH?!]. Gak sampe 3 detik gua mikir begitu, tiba-tiba sang ibu ngajak nyanyi ntuh anak kecil trus anaknya teriak gini, "MALAM PERTAMA KAN KUSERAHKAN SEGALA CINTAKU HANYALAH UNTUKMU DAN KU INGIN KAU MENGHARGAI SEBAGAI KEPATUHAN BUKAN KEPUASAN SEMATA.."




Alat Transportasi TKP Malam Pertama
WADAW!! kaget setengah setruk gua, masih umur segitu yang mustinya nyanyi "satu satu aku sayang ibu.." ini malah udah mo malam pertama aja dan yang bikin gua mo koprol melingker di metromini adalah pas ibunya ikutan seneng anaknya nyanyi begitu. "Sakit nih keluarga!!" cuman ntuh yang bisa gua ungkapin dan selebihnya gua cuman disuguhkan suara si anak yang cempreng kayak kaleng diiris pake piso roti sampe dia turun dari metromini. Selepas mereka berdua turun, langsung banyak ibu-ibu sama bapak-bapak yang ngomongin,
"itu ibunya gimana sih?! masa anaknya dibiarin nyanyi kayak begitu?! gak bener!!"

tapi masih ada aja yang bilang,
"gak apa-apa, itu kan perkembangan jaman yang didapet sama anaknya. Kreatif kok anak kayak begitu"
.
Gua langsung mikir,
"iah kreatif banget!! ntar pas pulang tiba-tiba anaknya nangis soalnya udah di Malam Pertama-in sama temennya pas maen karet di rumah sebelah tapi ntuh anak masih ngeles dengan bilang kalo mreka ngelakuin itu dengan gaya yang kreatif karena perkembangan jaman dan ibunya dengan bangga memeluknya seakan anaknya abis menang lomba memasukan bapak ke dalam karung"
.
Bener-bener dunia musik menyita seluruh perhatian kalangan maupun golongan.

Jaman dulu, musik Indonesia ntuh yang paling TOP MARKOTOP!! smua orang yang nyanyi pas jaman dulu adalah orang yang bener-bener punya bakat nyanyi dan mereka yang gak bisa nyanyi cuman ngambil bagian jadi penikmat dan hal itulah yang buat industri permusikan di era Pance Pondaag dan Nia Daniati. Waktu gua kecil dulu [bukan kasus gua maenan tai], nyokap gua sering puterin musik-musik yang enak banget kayak ABBA, David Foster, Richard Clayderman sama yang laen-laen. Tujuan orang denger lagu biar tenang dan sebentar aja ngelupain masalahnya dia kayak lagi maling tiba-tiba tidur gara-gara keenakan denger lagu ato pas lagi ngadu ayam tiba-tiba smuanya joged gara-gara Rhoma Irama mengguncang dengan distorsi gitarnya dan berkata, "bahlul ente!!" [BUKAN!! ntuh mah omongannya Wan Abud!!]



Om Pance dan Tante Nia Daniati
[keren banget dah pose nye hehehe :D]

DAN SKARANG COBA ANDA SMUA MEMBANDINGKAN DENGAN MUSIK YANG KALIAN DENGAR HARI INI!! COBA DENGER!! COBA DONG!! [mulai gak jelas] gua cuman bisa bilang irama melayu yang mendayu-dayu ampe lo mo muntah udah menjajah orang di negeri ini. Titik atau poros kehancuran musik Indonesia adalah ketika Kangen Band sama ST 12 nge hits dengan kagak jelas. Mereka terkenal gara-gara lagunya sering dibajak ma tukang pisidi trus skarang malah mereka lonjak-lonjakan sotoy di pantai carnaval Ancol. Bukannya sirik tapi ntuh bener-bener ngecoreng musik Indonesia banget, coba aja lo liat personil Kangen Band ntuh ada yang rapihan dikit kagak bentuknya??trus mukanye ntuh bener-bener kagak enak banget buat dijadiin idola masyarakat. Lagi-lagi nyokap gua berkata, "jelek-jelek begitu, dari tukang cendol tapi skarang bawa BMW" gua mikir, "BODO AMAD MO BAWA APAAN JUGA DAH!! ampe dia punya delman berkepala terong, gua juga kagak bakalan salut ma ntuh orang!!"



Kangen Band, GELI BANGET DAH!! SAMPAH!!

Jaman skarang kalo mo nyanyi trus tampil di tipi mah GAMPANG!! cuman bermodal suara yang ada cengkok melayu trus band lo musti gak jelas gayanya, ABSTRAK DAH!! trus bikin deh rekaman yang gak keren tapi ngecap diri mreka profesional. Coba aja lo tongkrongin tipi pagi-pagi dah, trus liat acara InBox [kenapa musti gede kecil gini tulisannya?! hadoh!!], Dahsyat, DeRing, Hip Hip Hura, Kiss Vaganza, dan teman-temannya yang norak skalian. Bermodal nyanyi lipsing trus salam-salaman ma cewe-cewe alay di situ, maka mreka udah mendapatkan gelar ARTIS YANG LAGI NAIK DAUN, daun apaan?? daun pintu?! kagak ada bagus-bagusnya dah!! PARAH!!

Karena kebobrokan, bukan dibenerin tapi sama smua stasiun tipi malah dijadiin acara gitu. Contoh-contohnya udah gua sebutin di atas tadi, gua nonton malah jadinya geli sendiri soalnya musik indonesia yang ngisi malah artis-artis yang ngaku bisa nyanyi padahal KAGAK SAMA SKALI!! contohnya si banci OLGA SYAHPUTRA [padahal nama belakangnya putra dah, ini malah kayak ibu-ibu pengajian], nyanyinya cuman begitu-begitu doang!! KAGAK ADA SKILL SAMA SKALI NYET!! dan liriknya ini adalah lirik yang terpanjang di dunia dan cuman dia yang bisa hapalin dan yang lain cuman bisa muntah di belakang dia. Liriknya cuman, "hancur-hancur hatiku" begitu aja trus ampe abis, TEEEEETTTTTTTTTTTT!!! Nenek-nenek sambil salto sambil maen congklak juga bisa nyanyi begitu nyet!!

Kalo mo mandang musik Indonesia mending beralih ke arah Indie. Banyak alasan kenapa musik Indonesia berkembang sampe ke luar negri ntuh karena musik Indie nya negri kita yang disukain di luar, berbeda dengan band Wali yang lagunya Cari Jodoh terkenal ke Malaysia di kalangan TKW dan TKI nya doang selebihnya gak ada yang ngerti. Musik Indie Indonesia patut diacungin jempol, kreatifitas bener-bener keliatan di sini dan perkembangan dari tahun ke tahun ntuh keliatan bener dan konsep mereka berpikir dan nyiptain lagu emang terancang bener karena mereka banyak dari kalangan terpelajar. Musik Indie identik sama bahasa Inggris, coba lo denger lagunya J-Rock yang PLAGIAT PARAH nya L'arc en ciel dari Jepang, trus pas mreka nyanyi lagu yang ditranslate ke bahasa inggris malah kayak abis kelar les di EF trus langsung praktek. GAK MUTU!!

Musisi Indie Indonesia seperti White Shoes and The Couples Company yang udah perform di China, The S.I.G.I.T yang tour di Australi, Goodnight Electric yang perform juga di Bangkok, Thailand sama di Malaysia dan masih banyak lagi prestasi anak muda Indonesia yang gak perlu label dan major dulu baru bisa tour dan gak perlu belah tengahin rambut mereka trus ditindik kupingnya make anting goyang abis ntuh rambut disepuh kayak kemoceng. WADUH!! SALAH BENER!! mending cepet-cepet tobat dah. Semoga banyak anak muda yang bisa balikin mutu dan kejayaan musik Indonesia yang jauh dari plagiat sama mendayu-dayu ampe pengen berak di celana.



White Shoes and The Couples Company, Goodnight Electric, The S.I.G.I.T
[udah pada GO INTERNATIONAL semua nih, KEREN!!]